Jumat, 30 Januari 2009

Tips Praktis Cara Mencuci Mobil Dirumah

TIPS PRAKTIS CARA MENCUCI MOBIL DI RUMAH


Pada musim hujan seperti saat ini, kadang – kadang cukup merepotkan terutama setelah kita bepergian jauh dari rumah dengan menggunakan mobil, seringkali mobil menjadi kotor akibat cipratan air yang bercampur pasir dan lumpur bahkan terkadang kotoran tersebut ikut masuk kedalam mobil melalui alas kaki atau pada saat kita membuka pintu mobil. Agar kendaraan bersih dan nyaman saat dipakai maka harus segera dibersihkan baik bagian dalam maupun luarnya, bisa dengan dibersihkan menggunakan kemoceng saja atau dilap, tetapi apabila kotorannya cukup parah maka mobil harus “dimandikan”.

Untuk urusan cuci kendaraan, saat ini banyak bertebaran pelayanan cuci mobil di pinggir jalan, mulai dari mencuci biasa sampai cuci otomatis, ada pula yang menggunakan cuci salju plus penawaran perawatan mobil yang bervariasi baik untuk interior dan eksterior mobil, tinggal kita pilih mau yang mana? Namun, apabila kita sedang libur atau memiliki waktu luang dan ingin berkreasi sendiri, maka tidak salah kalau kita mencoba mencuci mobil sendiri dirumah.

Mencuci mobil sepertinya adalah kegiatan yang cukup mudah. Tetapi apabila tidak dilakukan dengan teliti dan tepat, malah berakhir dengan hasil yang tidak memuaskan bahkan bisa merusakkan bagian dari mobil kita.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila kita ingin mencuci mobil sendiri, yaitu :

1. Pra Mencuci Mobil
Proses pencucian mobil sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau pada saat sore hari, namun dapat juga dilakukan pada siang hari dengan syarat proses pencucian dilakukan ditempat yang teduh atau tidak dibawah terik sinar matahari. Hal ini dimaksud agar mobil yang dalam keadaan basah jangan sampai kena sinar matahari secara langsung, sebab titik-titik air tersebut bersifat menyerap panas yang dapat merusak/membakar cat mobil.

2. Alat dan Bahan yang Dipergunakan
Sebelum memulai pencucian, alangkah baiknya apabila kita mempersiapkan perlengkapan pendukung, yaitu :

a. Shampoo khusus mobil, yang digunakan untuk menghilangkan minyak dari sisa pembakaran kendaraan lain yang mengandung minyak, membersihkan pasir, aprtikel debu atau lumpur yang tidak akan hilang apabila hanya dibilas air saja. Apabila tidak ada shampoo khusus mobil, gunakan shampoo rambut yang tidak mengandung detergen, caranya tuangkan shampoo rambut tersebut keatas spons khusus mobil.

b. Sikat Cuci
Sikat ini digunakan untuk membersihkan bagian bawah mobil dan bagian ban mobil.

c. Kain Lap lembut / Spon
Kain lap lembut / spon digunakan untuk membersihkan body dan kaca mobil, siapkan beberapa buah kain lap, pergunakan beberapa lap khusus untuk mencuci dan beberapa lagi untuk mengeringkan sisa – sisa air setelah pencucian.

d. Selang Air
Siapkan selang air untuk menyemprotkan air pada saat pencucian, biasanya selang yang digunakan adalah sekitar 5 – 10 meter.

e. Ember
Ember disini digunakan untuk menampung air yang telah diberi larutan shampoo khusus mobil, sehingga gampang dibawa berpindah tempat.

f. Vacuum Cleaner
Untuk membersihkan bagian dalam mobil bisa dipergunakan vacuum cleaner atau penyedot debu agar mudah menjangkau bagian – bagian mobil yang tersembunyi, namun apabila tidak ada, dapat pula digunakan sapu kecil khusus untuk monil, biasanya dijual satu set dengan pengki kecil.

g. Kit untuk Interior Mobil
Agar mendapatkan hasil yang optimal, untuk pembersihan interior dapat digunakan kit khusus mobil, cairan ini biasanya digunakan pada interior berbahan karet, kulit atau sintetis, gunanya adalah melindungi bagian tersebut agar awet dan penampilan yang menarik, bahan ini dapat disimpan dan digunakan berkali – kali.

H. Semir Ban (Kit Ban Mobil)
Penggunaan bahan ini adalah optional, artinya dipakai boleh, tidak juga tidak apa – apa, namun tidak salah apabila kita tahu penggunaannya, semir ban berfungsi untuk mengkilatkan ban sehingga mempunyai penampilan yang menarik, disamping itu adalah untuk menjaga karet ban tetap awet serta agar kotoran tidak mudah melekat pada ban, sama seperti kit interior, bahan ini dapat disimpan dan digunakan berkali – kali.

3. Proses Cuci Mobil
a. Hal yang penting dilakukan sebelum proses mobil penyiraman dengan air, apabila mobil dalam keadaan panas maka biarkan mesin menjadi dingin terlebih dahulu, kemudian bersihkan pasir atau kotoran yang melekat pada body dan kaca mobil dengan menggunakan lap atau kemoceng, sebab pasir atau kotoran tersebut berpotensi menyebabkan gores pada bodi dan kaca mobil.

b. Tahap kedua keluarkan karet alas injakan kaki dari dalam mobil, cuci menggunakan sikat, bilas, dan jemur.

c. Tahap selanjutnya adalah menyiram air untuk membersihkan kotoran – kotoran yang melekat pada bagian mobil satu persatu, kemudian dilanjutkan membersihkan seluruh permukaan body dan kaca mobil dengan cara mengusapkan lap yang lembut / spon dan telah diberi cairan shampo khusus mobil, khusus untuk ban dan bagian bawah mobil dapat digunakan sikat agar kotoran yang menempel bisa hilang. Apabila seluruh kotoran telah hilang setelah itu baru dibilas kembali dengan air bersih.

d. Agar proses pencucian mobil dapat lebih efektif dan efisien maka dianjurkan untuk mencuci bagian mobil secara berurutan, mulai dari bagian yang paling atas hingga yang paling bawah. Hal ini dimaksudkan agar mencegah pengulangan pencucian. apabila bagian bawah lebih dahulu dibersihkan maka tentu akan menyebabkan bagian bawah kotor kembali ketika kita berpindah mencuci bagian atas mobil. Selain itu, lebih menghemat pemakaian air.

4. Tahap Akhir
a. Keringkan sisa – sisa air dengan menggunakan kain lap kering yang sudah disediakan, lakukan berurutan mulai dari bagian yang paling atas hingga yang paling bawah, maksudnya dalah agar sisa air tersebut dapat kering dengan sempurna sehingga tidak meninggalkan titik – titik yang kurang sedap dipandang.

b. Bersihkan bagian dalam mobil dengan menggunakan vacuum cleaner ataupun sapu kecil hingga bersih, setelah itu pasang kembali alas karet yang telah dicuci tadi, kemudian gunakan kit untuk menyemir interior mobil.

c. Tahap akhir finishing adalah menyemprot cairan semir ban mobil

d. proses pencucian selesai.

Demikian proses pencucian mobil telah selesai, cukup mudah bukan? Apalagi apabila kita melakukan semua proses tersebut dengan enjoy, saya yakin mobil yang bersih tentu sangat nyaman dikendarai. Seperti kata pepatah penampilan sebuah barang adalah cermin dari sikap dan perilaku pemiliknya, jika pemiliknya termasuk orang yang memperhatikan kebersihan dan keindahan maka biasanya dia akan sangat memperhatikan perawatan dan kebersihan kendaraannya.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat Mencoba!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar